Manfaat internet, dampak yang ditimbulkan adanya internet, serta sejarah internet itu sendiri seperti apa. Semua itu mungkin akan muncul dibenak anda ketika ingin lebih jauh mengenal internet, seperti yang kita tahu sekarang ini manusia urban yang modern tak terlepas dengan internet, saking dekatnya internet dengan manusia membuat ketergantungan tersendiri terhadap teknologi internet yang semakin hari semakin pesat perkembangannya, tidak bisa dibayangkan 50 tahun atau 100 tahun lagi perkembangan internet seperti apa, tapi yang jelas manusia modern tidak akan lepas dengan internet dalam melakukan aktifitas-aktifitas sehari-hari.

images

Secara detail pengertian internet mungkin akan lebih sulit di jelaskan dengan kata-kata, namun meskipun begitu kehadiran internet sangat berpengaruh terhadap pola pikir manusia, bayangkan saja sekarang ini hampir semua aktifitas bisa dilakukan melalui internet, fungsi internet tidak hanya untuk kalangan-kalangan tertentu saja, melainkan hampir menjulur ke semua element masyarakat ; dari segi bisnis, hukum, kesehatan, edukasi/pendidikan, hiburan, pusat informasi, dan berbagai bidang lainnya semuanya bisa didapat melalui internet.

Sejarah Internet Dunia
Menurut sumber yang penulis peroleh dari wikipedia, sejara internet dunia pertama kali dibentuk oleh Departemen Pertahanan Amerika Serikat di tahun 1969, melalui proyek ARPA yang disebut ARPANET (Advanced Research Project Agency Network), di mana mereka mendemonstrasikan bagaimana dengan hardware dan software komputer yang berbasis UNIX, kita bisa melakukan komunikasi dalam jarak yang tidak terhingga melalui saluran telepon.
Proyek ARPANET merancang bentuk jaringan, kehandalan, seberapa besar informasi dapat dipindahkan, dan akhirnya semua standar yang mereka tentukan menjadi cikal bakal pembangunan protokol baru yang sekarang dikenal sebagai TCP/IP (Transmission Control Protocol/Internet Protocol).
Pengertian Internet dan Sejarah Internet di Indonesia
Tujuan awal dibangunnya proyek itu adalah untuk keperluan militer. Pada saat itu Departemen Pertahanan Amerika Serikat (US Department of Defense) membuat sistem jaringan komputer yang tersebar dengan menghubungkan komputer di daerah-daerah vital untuk mengatasi masalah bila terjadi serangan nuklir dan untuk menghindari terjadinya informasi terpusat, yang apabila terjadi perang dapat mudah dihancurkan.
Pada mulanya ARPANET hanya menghubungkan 4 situs saja yaitu Stanford Research Institute, University of California, Santa Barbara, University of Utah, di mana mereka membentuk satu jaringan terpadu di tahun 1969, dan secara umum ARPANET diperkenalkan pada bulan Oktober 1972. Tidak lama kemudian proyek ini berkembang pesat di seluruh daerah, dan semua universitas di negara tersebut ingin bergabung, sehingga membuat ARPANET kesulitan untuk mengaturnya.
Maka dari itu ARPANET “sebutan internet waktu itu” dibedakan manjadi dua macam, yakni “MILNET” untuk keperluan militer dan “ARPANET” baru yang lebih kecil untuk keperluan non-militer seperti, universitas-universitas yang ada di amerika serikat. Gabungan kedua jaringan akhirnya dikenal dengan nama DARPA Internet, yang kemudian disederhanakan menjadi Internet.

sumber :

http://dasar-pendidikan.blogspot.com/2013/10/pengertian-internet-dan-sejarah.html

Referensi:

http://id.wikipedia.org/wiki/Internet

Advertisements